Search

Tentang Menikmati Sepak Bola di Era Kini - Republika Online

Satu dekade terakhir, kondisi sepak bola konstan, tapi cara menikmatinya berubah.

REPUBLIKA.CO.ID, Cara menikmati sepak bola mengalami perubahan di era teranyar. Seorang pembuat konten untuk pembaca muda BBC, Ciaran Varley, menuliskan hal itu.

Menurut dia, dalam satu dekade terakhir, kondisi sepak bola tetap konstan. Tetapi cara menikmatinya, berubah secara dramatis.

"Sebagian besar sejalan dengan perubahan teknologi," demikian laporan yang dikutip dari BBC, Rabu (18/12).

Varley menerangkan, dalam beberapa hal, penekanannya semakin jauh dari siaran langsung sebenarnya. Alih-alih berada di stadion bersama ribuan orang lainnya. Saat ini, ada yang bisa menyaksikan siaran dari perspektif orang lain.

Seorang pria terlihat mengumbar kemarahan terhadap jalannnya sebuah pertandingan. "Anda tidak bisa melihat pertandingan di layar yang ditonton pria itu, karena dia tidak memiliki hak untuk menunjukkannya. Itu menjadi hiburan," demikian kutipan tulisan Varley.

Sejak 2010 muncul beberapa cara menikmati hiburan tersebut. Demokratisasi digital, menurut Varley, telah menempatkan penggemar menjadi komentator sepak bola. Setiap pekan, ada jutaan orang menonton aktivitas orang lain.

Keadaan tersebut melahirkan beberapa sosok penggemar yang mendunia. Ada Andy Tate, Mark Goldbridge, Calum Beckett yang merupakan fan Manchester United. Juga penulis dan Broadcaster, Daniel Storey yang mengkritisi sikap kapten Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang.

Berikutnya tentang nilai kebintangan seseorang. Bagaimana hal itu diukur dari jumlah pengikut di Instagram. Tentu saja berdampak pada penghasilan sang bintang.

Di era terkini bermunculan film dokumenter tentang sepak bola. Tim-tim seperti Manchester City, Borussia Dortmund, Tottenham Hotspur, hingga Juventus memakai cara itu. "Salah satu dari cara klub membangun diri mereka di pasar internasional," tambah laporan dari BBC.

Tim media sosial setiap klub bekerja keras memperbaharui setiap momen. Setelah Twitter, bermunculan grup-grup WhatsApp tentang menikmati dan saling serang antarpenggemar sepak bola. Pada intinya di era sekarang semua bisa dinikmati dari mana saja, tanpa harus ke luar rumah.

Let's block ads! (Why?)



"Tentang" - Google Berita
December 19, 2019 at 01:02AM
https://ift.tt/2PZR6Cx

Tentang Menikmati Sepak Bola di Era Kini - Republika Online
"Tentang" - Google Berita
https://ift.tt/2pFrqlx
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tentang Menikmati Sepak Bola di Era Kini - Republika Online"

Post a Comment

Powered by Blogger.