Search

Google Ungkap Pencarian tentang Kecantikan Naik 30% Tahun Ini - Katadata.co.id

Google Indonesia mencatat pencarian mengenai kecantikan dan perawatan tubuh naik 30% di platform-nya tahun ini. Jangkauan internet yang semakin luas, perkembangan tren kecantikan, hingga kehadiran beauty influencer dinilai berperan dalam mendorong banyaknya pencarian terkait.

Head of Large Customer Marketing Google Indonesia Muriel Makarim mengatakan, jaringan internet sudah semakin merata di Tanah Air, bahkan mampu menjangkau kota-kota non-metropolitan alias kota kecil. Hal ini memudahkan konsumen melakukan pencarian, termasuk tentang kecantikan.

Di sisi lain, konsumen yang berasal dari kota besar maupun kecil semakin tertarik dengan beragam tren gaya hidup, salah satunya mengenai kecantikan. "Konsumen juga ingin menggunakan extra income-nya (penghasilan tambahan) agar terlihat lebih cantik melalui produk yang mereka beli," ujar Muriel kepada Katadata.co.id di kantornya, Kamis (19/12).

(Baca: Riset Google: Orang Indonesia Makin Gemar Nonton Sinetron di Youtube)

Seiring meningkatnya ketertarikan tersbeut, konsumen pun memanfaatkan platform Google Search maupun YouTube untuk melakukan beragam pencarian dari mulai rutinitas skincare, review produk, dan lainnya.

Ia menambahkan, pencarian mengenai kecantikan juga meningkat seiring tren kecantikan yang semakin berkembang saat ini. Ia mencontohkan, beberapa tahun lalu, konsumen hanya menggunakan pelembab sebagai skincare, namun kini produk skincare semakin kompleks jenisnya dengan ragam langkah penggunaannya. Misalnya, mulai dari penggunaan makeup remover, toner, essence, serum, moisturizer, dan sebagainya.

Terakhir, Muriel mengatakan, pencarian mengenai kecantikan meningkat karena maraknya kehadiran beauty influencer di Blogger maupun YouTube. Umumnya, para beauty influencer tersebut memberikan sejumlah tips mengenai cara penggunaan produk skincare, melakukan review produk, hingga tutorial makeup.

Google mencatat, pencarian mengenai perawatan kulit naik 2,3 kali lipat tahun ini. Pencarian itu termasuk untuk kata kunci 'skincare routines' dan 'skincare reviews'. Sedangkan, pencarian dengan kata kunci ‘produk terbaik' naik 1,3 kali lipat dengan rincian produk seperti pelembab, foundation, toner, krim mata, dan maskara.

(Baca: Google Luncurkan Platform Canggih untuk Menjaga Pelestarian Satwa)

Selain itu, pencarian kata 'glowing' naik 2,4 kali lipat di YouTube. Pencarian ini, menurut Muriel, berkaitan dengan sejumlah produk seperti essence atau serum yang bertujuan untuk membuat kulit konsumen menjadi bersinar (glowing).

Adapun 83% wanita yang membeli produk perawatan wajah mencari solusi berkaitan dengan kulit tanpa masalah. "Misalnya, produk supaya kulit tidak berjerawat, kusam, dan anti-polusi," ujar Muriel.

Let's block ads! (Why?)



"Tentang" - Google Berita
December 19, 2019 at 07:33PM
https://ift.tt/2PD07Te

Google Ungkap Pencarian tentang Kecantikan Naik 30% Tahun Ini - Katadata.co.id
"Tentang" - Google Berita
https://ift.tt/2pFrqlx
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Google Ungkap Pencarian tentang Kecantikan Naik 30% Tahun Ini - Katadata.co.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.