Search

Politisi Hanura Kritik Pernyataan Rocky Gerung tentang Presiden Tak Paham Pancasila - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik Rocky Gerung mengkritik keras Presiden Jokowi dengan menyebutnya tidak paham Pancasila karena mengeluarkan sejumlah kebijakan yang bertentangan dengan Pancasila seperti rencana menghapus syarat Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dalam proses perizinan investasi di Indonesia yang menurutnya bertentangan dengan sila ke-5 dan kebijakan menaikkan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan.

Namun pendapat akademik itu mendapat kritikan politisi Hanura, Inas Nasrullah Zubir.

Inas menilai, Rocky Gerung justru tidak paham bernegara karena menyimpulkan presiden tidak paham Pancasila dan menyebut negara merupakan sesuatu yang abstrak sehingga tidak perlu berideologi Pancasila.

“Rocky Gerung tidak paham bernegara, sehingga menganggap negara adalah benda abstrak dan barang mati, padahal yang namanya negara terdiri dari tanah, rakyat dan pemerintahan. Apakah rakyat dan pemerintahan abstrak dan barang mati?” kata Inas dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (6/12/2019).

“Yang harus kita cermati lagi adalah argumen Rocky Gerung yang mengatakan bahwa Pancasila adalah ideologi yang gagal karena saling bertentangan. Padahal menurut banyak ulama Islam di Indonesia bahwa Pancasila sesuai dengan syariat Islam, maka bisa diartikan bahwa Rocky Gerung telah menodai pendapat ulama-ulama Islam,” katanya.

Menurut Inas, ideologi negara adalah ideologi rakyat dan pemerintahannya yang di Indonesia adalah Pancasila dan sifatnya sudah final.

Baca: Rizieq Shihab Tak Kunjung Dipulangkan, Ilham Bintang Buka Suara soal Isu Politik: Dia Bisa Apa?

“Kalau Rocky Gerung mengaku tidak Pancasialis, maka artinya bisa tidak ber-Tuhan, atau tidak suka persatuan karena hobinya mengadu domba karena menyukai perpecahan, atau juga menyukai ketidakadilan,” kata dia.

Baca: Bantah Teddy Gusnaidi, Rocky Gerung Justru Salahkan Jokowi soal Polisi Jaga Masjid, Begini Alasannya

Sebelumnya, Rocky Gerung menyebut Presiden Jokowi tak paham Pancasila.  "Kalau saya bilang 'Saya tidak Pancasilais' lalu orang usir saya dari NKRI itu. Saya bilang 'Saya tidak Pancasilais' bukan 'Saya anti Pancasila'," ujar Rocky Gerung di acara Indonesia Lawyers Club, Selasa (3/12/2019).

Menurut pria yang hobi menjelajah gunung di berbagai negara tersebut , negara adalah hal abstrak. Dia menyatakan, ideologi seharusnya hidup pada diri orang atau individu yang mempunyai keyakinan hidup bukan pada negara. "Jadi negara yang berideologi itu dua kali ngaco," kata Rocky.

Dia juga menolak pernyataan ideologi Pancasila sebagai hal yang sudah final.

Let's block ads! (Why?)



"Tentang" - Google Berita
December 07, 2019 at 05:16AM
https://ift.tt/2RtMG9q

Politisi Hanura Kritik Pernyataan Rocky Gerung tentang Presiden Tak Paham Pancasila - Tribunnews
"Tentang" - Google Berita
https://ift.tt/2pFrqlx
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Politisi Hanura Kritik Pernyataan Rocky Gerung tentang Presiden Tak Paham Pancasila - Tribunnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.