Search

127 Hoaks Tentang Virus Korona Beredar via Medsos - Okezone News

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mencatat ada 127 hoaks dan disinformasi tentang penyebaran virus korona atau Covid-19 beredar terutama di media sosial. Penyebaran berita bohong itu sangat merugikan bangsa dan negara.

"Per hari ini ada 127 isu hoaks dan disinformasi," kata Menkominfo Johnny G Plate di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Baca juga: WHO Ingatkan Dunia untuk Bersiap Hadapi Pandemi Virus Korona

Hoaks dan disinformasi yang dimaksud, antara lain menyangkut pengaitan agama tertentu dengan virus korona. Setelah ditelusuri ternyata informasi tersebut tidak benar. Kemudian ada juga hoaks tentang penularan virus korona lewat gigitan nyamuk.

"Ini hoaks. Faktanya informasi tersebut adalah salah. WHO Western Pasific melalui akun resminya menyatakan bahwa virus korona tidak dapat ditularkan lewat gigitan nyamuk. Disebutkan pula secara umum virus korona menyebar melalui cairan dari seseorang yang terinfeksi seperti saat mereka batuk dan bersin," terang Johnny.

 korona

Selain itu, ada pula hoaks tentang eksodus warga dari China ke Vietnam demi menghindari virus korona. Setelah ditelusuri ternyata informasi tersebut tidak benar. "Ini disinformasi," imbuh politikus Nasdem itu.

Baca juga: 508 Kasus Baru Covid-19 Dilaporkan di China, Total 77. 658 Pasien Terinfeksi

Johnny memastikan pemerintah tetap memonitor perkembangan informasi yang berlangsung. Sejurus dengan itu, ia meminta semua pihak untuk tidak menyebarkan hoaks atau berita bohong karena itu dapat merugikan banyak pihak.

"Disinformasi dan hoaks itu merugikan diri sendiri, merugikan keluarga dan masyarakatnya, merugikan bangsa dan negaranya," ucap.

(sal)

Let's block ads! (Why?)



"Tentang" - Google Berita
February 26, 2020 at 12:42AM
https://ift.tt/2SXCVk5

127 Hoaks Tentang Virus Korona Beredar via Medsos - Okezone News
"Tentang" - Google Berita
https://ift.tt/2pFrqlx
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "127 Hoaks Tentang Virus Korona Beredar via Medsos - Okezone News"

Post a Comment

Powered by Blogger.