Search

Unpad dan Kodiklatad Gelar FGD Tentang Sistem Manajemen Kebencanaan - galamedianews.com

PIHAK Universitas Padjadjaran (Unpad) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan Kodiklat Angkatan Darat (Kodiklatad) sebagai kelanjutan dari perencanaan pengembangan sumber daya manusia TNI AD. Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto S.Sos menerima secara langsung rombongan delegasi dari Fakultas Teknik Geologi (FTG) Unpad yang dipimpin oleh Wakil Dekan, Dr. Sc. Yoga Adriana Sendjaja, ST, M.Sc di ruangan Ganesha, Makodiklatad, Jumat (7/2/2020).

Diskusi yang berlangsung mengusung konsep sistem manajemen kebencanaan. Didahului dengan adanya pemaparan gagasan oleh Wadek yang mendukung adanya program pengurangan risiko bencana dengan mengoptimalkan peran Bintara Pembina Desa (Babinsa). Peningkatan kemampuan Babinsa didapatkan melalui berbagai sosialisasi dan pendampingan oleh akademisi dan peneliti. Bahan sosialisasi tentunya berupa data yang berbasiskan riset yang dapat dilakukan terlebih dahulu. “Babinsa nantinya diharapkan akan dapat membantu pengisian big data kebencanaan wilayah lokal, melakukan koordinasi dengan aparat setempat serta meningkatkan kemampuan tanggap bencana masyarakat lokal,” ungkap Yoga.

Kemudian ada penjelasan dari Dr. Cipta Ediana, ST, MT yang menerangkan bahwa Unpad memiliki 16 fakultas dan 5 pusat riset unggulan yang dapat memberikan upaya terbaik guna membantu peningkatan SDM Babinsa. “Kita akan mengoptimalkan Pusat Riset Kebencanaan Unpad yang dapat memberikan fokus kepada riset penelitian serta manajemen bencana guna membantu respon dalam tanggap bencana melalui kerjasama seluruh stakeholder terkait seperti BNPB, BPBD, TNI serta pemerintah daerah,” kata Cipta.

Pada saat diskusi, Dankodiklatad mengatakan bahwa perlu adanya kerjasama yang erat antara berbagai pihak dalam upaya penanggulangan bencana. “Upaya penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama, termasuk di dalamnya TNI”, kata Putranto.

Selanjutnya Dankodiklatad menjelaskan bahwa keberadaan Babinsa di setiap desa turut membantu pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat. “Nah, jika terjadi bencana, maka sudah sepatutnya Babinsa membantu sekuat tenaga, karena sesuai dengan salah satu butir dalam 8 wajib TNI yakni menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya,” jelasnya.

Dankodiklatad juga mengucapkan terimakasih atas adanya diskusi secara mendalam tentang konsep sistem kebencanaan ini, “Tentunya dibutuhkan juga masukan dari berbagai pihak terkait seperti Pusat Teritorial Angkatan Darat serta staf umum Mabesad, sehingga tidak menyimpang dari aturan yang berlaku,” tambahnya.

Lebih lanjut Dankodiklatad menjelaskan bahwa konsep ini akan diajukan kepada Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa dalam bentuk MoU antara TNI AD dengan Unpad (FT Geologi) dan ditindaklanjuti oleh Aster Kasad bersama Pusterad.

Setelah acara FGD selesai, Prof.Ir.Mega Fatimah Rosana ,M.Sc., Ph.D., memberikan cenderamata berupa buku Pesona Geopark di Jawa Barat dan buku Geopark Ciletuh Palabuhanratu dari Unpad kepada Kodiklatad yang diterima langsung oleh Dankodiklatad.

Direncanakan akan diadakan FGD lanjutan antara Unpad dan Kodiklatad yang membahas isu strategis nasional, yakni tentang pembuatan Konsep Dasar Sistem Manajemen Penanggulangan Bencana Nasional secara Komprehensif dan Sustainable. Selanjutnya direncanakan juga FGD tentang Platform Peranan Geopark Berskala Internasional Dalam Rangka Memperkuat Sistem Pertahanan Negara dan Wilayah Kedaulatan NKRI.

Hadir dalam FGD ini delegasi Unpad lainnya yaitu Dr. eng. H. Boy Yoseph CSSSA, ST.,MT., Dr.Ir. Dicky Muslim, M.Sc., Adi Hardiono, ST., MT., beserta dengan Forkom alumni FTG Unpad. Sedangkan dari Kodiklatad yakni Wadankodiklatad, Ir, Dirum, Dirdok, Dirjian serta Dirdik Kodiklatad.

Let's block ads! (Why?)



"Tentang" - Google Berita
February 08, 2020 at 01:56PM
https://ift.tt/2H5XZys

Unpad dan Kodiklatad Gelar FGD Tentang Sistem Manajemen Kebencanaan - galamedianews.com
"Tentang" - Google Berita
https://ift.tt/2pFrqlx
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Unpad dan Kodiklatad Gelar FGD Tentang Sistem Manajemen Kebencanaan - galamedianews.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.