Search

Kajian KPK Tentang Defisit Keuangan BPJS Kesehatan, Ini Respon BPJS Watch - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - BPJS Watch menanggapi hasil kajian KPK tentang penyebab defisit keuangan yang membelit BPJS Kesehatan.

Koordinator BPJS Watch Timboel Siregar memaparkan salah satunya tentang perumusan Coordination of Benefit (COB) antara BPJS Kesehatan dengan asuransi swasta.

"CoB dalam Perpres 82/2018 ini dalam implementasinya tidak diseriusi BPJS Kesehatan sehingga tidak mampu menjembatani perusahaan yang sudah ikut asuransi swasta dan BPJS," ujarnya kepada Bisnis, Minggu (15/3/2020).

Menurutnya bila regulasi ini berjalan, peserta BPJS bisa mendapatkan pelayanan dari mitra rumah sakit lain yang belum bekerja sama.

Kemudian pihaknya juga menanggapi adanya klaim rumah sakit yang tidak sesuai kelasnya, sehingga merugikan BPJS Kesehatan dan peserta. Pihaknya mendorong Kemenkes dan dinas kesehatan untuk meningkatkan pengawasan sistem klaim ini, serta memaksimalkan peran Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS).

Lalu tentang rekomendasi copayment atau urun biaya antara peserta dengan BPJS, sampai saat ini belum berjalan karena Kemenkes belum tuntas dalam penentuan, layanan mana saja yang diterapkan regulasi tersebut.

"Khusus untuk masalah fraud klaim ini sudah lama didorong KPK, solusinya pemerintah dan BPJS harus bekerja sama menetapkan standar tindakan pelayanan kesehatan, misalnya tahun lalu ada 724.000 ibu-ibu yang melahirkan secara caesar dengan biaya Rp3,9 triliun, apa benar harus [dioperasi caesar]?" ulasnya.

Adapun pada Jumat (13/3/2020) lalu KPK menyatakan ada sejumlah masalah yang menyebabkan defisit keuangan di BPJS Kesehatan terus terjadi, sejak mulai beroperasi pada 2014 lalu.

Ada saldo digital sebesar 50 ribu untuk Sobat Bisnis dengan isi di sini!

Let's block ads! (Why?)



"Tentang" - Google Berita
March 16, 2020 at 04:05AM
https://ift.tt/3a4HGPj

Kajian KPK Tentang Defisit Keuangan BPJS Kesehatan, Ini Respon BPJS Watch - Bisnis.com
"Tentang" - Google Berita
https://ift.tt/2pFrqlx
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kajian KPK Tentang Defisit Keuangan BPJS Kesehatan, Ini Respon BPJS Watch - Bisnis.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.