Search

Kata Ganjar tentang Sukiyah, Perempuan yang Rambut Gimbalnya Dihuni Tikus - Detiknews

Yogyakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo angkat bicara terkait Sukiyah yang dievakuasi dari rumahnya dalam kondisi rambut gimbal dan dihuni tikus serta kecoak di Kabupaten Semarang. Ganjar memastikan tim dari Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Jawa Tengah telah mendatangi Sukiyah di Rumah Pemulihan Efata.

"Bu Sukiyah sudah masuk (ke Rumah Pemulihan). Karena selain kesehatan raga, kesehatan jiwanya juga perlu perhatian," ujar Ganjar saat berbincang dengan detikcom, Selasa (28/1/2020).

Ganjar meminta masyarakat dan perangkat desa untuk lebih proaktif terhadap kondisi sekitarnya. Selain itu, menurutnya kepedulian masyarakat dan perangkat terdekat harus ditingkatkan. Jika perangkat di level bawah merasa tak mampu mengatasinya, Ganjar meminta mereka untuk melapor ke aparat tingkat yang lebih tinggi.

"Kalau ada, bupati, wali kota, sebarkan sediakan kanal untuk mengadu. Sekarang kan zamannya medsos, buka kanal dong, boleh ke kantor, medsos," lanjutnya.

Ganjar mengaku sering mendapat aduan terkait permasalahan salah satunya tentang orang telantar di media sosial. Dalam kesempatan ini, Ganjar juga menyampaikan apresiasi terhadap masyarakat dan relawan yang berhasil membujuk Sukiyah untuk memotong rambut.

"Saya apresiasi, sebenarnya ada banyak orang. Ada tim juga, kita punya tim yang kerjanya membujuk. Karena seperti itu harus dibujuk dulu. Saya terima kasih atas partisipasi masyarakat," tutup Ganjar.

Diberitakan sebelumnya, Sukiyah telah dievakuasi ke Rumah Pemulihan Efata di Kabupaten Semarang. Sebelumnya, seorang relawan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ardian Kurniawan Santoso berhasil membujuk Sukiyah untuk memotong rambut dan keluar dari rumahnya di di Dusun Karangombo, Desa Polobogo, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

"Kaget juga. Rambutnya gimbal sekitar 1,5 meter. Di rambutnya itu ada beberapa tikus, kecoa, ada tulang tikus, bangkai. Di lantai rumahnya itu banyak kotoran manusia," kata Ardian kepada wartawan, Senin (27/1).

(sip/rih)

Let's block ads! (Why?)



"Tentang" - Google Berita
January 28, 2020 at 05:49PM
https://ift.tt/310CGHo

Kata Ganjar tentang Sukiyah, Perempuan yang Rambut Gimbalnya Dihuni Tikus - Detiknews
"Tentang" - Google Berita
https://ift.tt/2pFrqlx
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kata Ganjar tentang Sukiyah, Perempuan yang Rambut Gimbalnya Dihuni Tikus - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.