Search

Cerita Megawati Tentang Nasihat Bung Karno Saat Terganjal Kuliah - detikNews

Tokyo - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri akan mendapat gelar doktor kehormatan (Honoris Causa) bidang kemanusiaan dari Soka University. Gelar tersebut akan menjadi penganugerahan yang ke-9 untuk Megawati sejak tahun 2001. Lalu apa kata putri Bung Karno ini?

"Kan bukan saya yang nyari. Tapi kan orang mungkin melihat saya. Mungkin dengar dari omongan dari pidato saya," kata Megawati di Hotel Prince Park Tower, Tokyo, Jepang (6/1/2020).

Megawati menerangkan, soal ilmu pengetahuan bukan hanya bisa didapat dari jalur pendidikan resmi. Menurut dia, terpenting yakni kemauan untuk mencari dan mendapat ilmu melalui media yang lain.

"Karena bagi saya itu yang juga harus diketahui sering kali anak muda mengejar gelar padahal itu hanya sebuah tanda. Bahwa dia sudah selesai sekolah di sebuah tempat. Padahal yang kita ingin lakukan mencari ilmu pengetahuan," ujarnya.

Presiden ke-5 RI ini pun menceritakan saat dirinya terganjal kuliah karena kondisi politik. Megawati lalu mendapat nasihat dari ayahnya, Presiden pertama RI Sukarno.

"Jadi ketika saya tidak dibolehkan kuliah karena keadaan politik, ayah saya hanya mengatakan begini. 'Sudah cari ilmu pengetahuan di mana saja'. Jadi maksudnya saya otodidak. Dari situ saya senang baca, bertanya, saya senang diskusi dan hal itu yang mungkin membuat akhirnya ada nilai sehingga orang berikan honoris causa pada saya," papar Megawati. (idn/zap)

Let's block ads! (Why?)



"Tentang" - Google Berita
January 06, 2020 at 03:35PM
https://ift.tt/36spaP1

Cerita Megawati Tentang Nasihat Bung Karno Saat Terganjal Kuliah - detikNews
"Tentang" - Google Berita
https://ift.tt/2pFrqlx
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cerita Megawati Tentang Nasihat Bung Karno Saat Terganjal Kuliah - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.