Search

Menteri Basuki Lapor Jokowi tentang Penanganan Banjir di Sejumlah Daerah - Okezone Economy

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melaporkan kepada Presiden Joko Widodo mengenai penanganan banjir di sejumlah daerah di Indonesia. Ada dua laporan yang dilakukan pertama adalah mengenai rencana penanganan banjir dan juga langkah apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah.

"Kami melaporkan beberapa rencana dan tindakan yang sudah dilakukan oleh PUPR menangani banjir di Indonesia," ujarnya di Komplek Istana Kepresidenan dikutip dari iNewsTV, Jakarta, Jumat (3/12/2019).

Baca Juga: Viral Dirut KAI Naik Getek Berkursi Cek Banjir, Ternyata Ini Alasannya

Salah satu contohnya adalah penanganan banjir yang terjadi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Banjir di wilayah Dayeuh Kolot saat ini sudah mulai membaik efek adanya terowongan di Curug Jompong.

"Sebelum ada terowongan dengan curah hujan kecil setelah adanya terowongan sebelumnya 300 milimeter sudah banjir sudah tergenang sekarang 400 mm masih belum tergenang. Ini ada testimoni beberapa warga yang disampaikan Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil)," kata dia.

Dengan adanya terowongan raksasa ini, banjir di wilayah Dayeuh Kolot pun cepat surut meskipun curah hujan tinggi. Biasannya, sebelum ada terowongan ini dengan curah hujan rendah, saja sudah mengalami banjir.

Mobil-Mobil yang Menumpuk Pascabanjir di Pondok Gede Permai Bekasi 

"Kemudian juga pemanfaatan jompong ini sudah menuraskan banjir di Baya Kolot yang biasanya 5-7 hari mengeringkan sekarang 1-5 jam, pada testimoni," jelasnya.

Sementara itu untuk banjir bandang yang terjadi di daerah Lebak, Banten juga sudah ada penanganan yang dilakukan oleh Kementerian PUPR. Pihaknya bahkan akan terus melakukan pemantauan secara intensif pada daerah tersebut.

"Di Lebak banjir bandang dilaporkan juga tindakan-tindakan yang sudah dilaporkan. Dan di Pelabuhan Ratu belum dilaporkan karena Wakil Menteri PUPR sedang di lapangan kami masih berkomunikasi terus," kata Basuki.

Baca Juga: Imbas Banjir, Pengiriman Barang di Jabodetabek Mandek

Sementara untuk di Jakarta, dirinya melaporkan mengenai masterplan pengendalian banjir di Ibu Kota. Termasuk juga melakukan review tentang pintu air yang da di Jakarta apakah berfungsi secara normal atau tidak.

"Untuk Jakarta, kami melaporkan masterplan pengendalian Jakarta ini semua sudah tahu, pada 1973 oleh Belanda terus direview oleh JICA tahun 1997 dan 2007 ini ada BKB , BKT, sudah ada dampaknya, kelapa gading juga relatif tidak kebanjiran," jelasnya.

(kmj)

Let's block ads! (Why?)



"Tentang" - Google Berita
January 03, 2020 at 06:21PM
https://ift.tt/2ZMV8CL

Menteri Basuki Lapor Jokowi tentang Penanganan Banjir di Sejumlah Daerah - Okezone Economy
"Tentang" - Google Berita
https://ift.tt/2pFrqlx
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menteri Basuki Lapor Jokowi tentang Penanganan Banjir di Sejumlah Daerah - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.