Search

Ini Komentar Trump Tentang Serangan Balik Iran - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump merespons serangan yang dilakukan Iran di pangkalan militer AS di Irak pada Rabu pagi (8/1/2020), dengan santai.

"Semua baik-baik saja! Rudal diluncurkan dari Iran di dua pangkalan militer yang berlokasi di Irak. Pengecekan korban & kerusakan sedang dilakukan sekarang. Sejauh ini baik! Sejauh ini, kita memiliki militer yang paling kuat dan lengkap di seluruh dunia! Saya akan membuat pernyataan besok pagi," tulis Trump di Twitternya.


Iran menyerang pangkalan militer AS di Irak dengan meluncurkan lebih dari selusin rudal balistik. Pangkalan militer itu diduduki oleh militer AS dan pasukan koalisi. Namun belum ada kabar mengenai korban dari serangan itu.

Pernyataan Trump itu menunjukkan perubahan yang drastis dari komentar-komentarnya sebelumnya, yang cenderung lebih menggebu-gebu. Apalagi setelah ia memerintahkan serangan ke Bandara Internasional Baghdad, di mana Jenderal Iran Qasem Soleimani tewas menjadi korban serangan.

Pada saat itu, Iran langsung mengancam akan membalas. Menanggapi ancaman Iran itu, Trump mengatakan tidak akan tinggal diam.

"Jika Iran melakukan sesuatu yang seharusnya tidak mereka lakukan, mereka akan menanggung akibatnya dan konsekuensi itu sangat kuat." kata Trump, Selasa, di Gedung Putih.

Pada kesempatan lain, Trump juga mengatakan AS benar-benar siap menghadapi Iran. "Kami siap untuk menyerang jika kami harus melakukan pembalasan."

Menurut laporan CNBC International, setelah serangan Iran terjadi, Trump mengadakan pertemuan dengan penasihat utamanya di Gedung Putih. Mereka membahas serangan itu. Pertemuan itu juga dihadiri Wakil Presiden Mike Pence, Menteri Pertahanan Mark Esper, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Jenderal Angkatan Darat Mark Milley.

Hingga saat ini belum ada konfirmasi langsung, baik dari Pentagon maupun pemerintah Iran, tentang siapa sebenarnya yang berada dibalik serangan itu.

"Jelas bahwa rudal ini diluncurkan dari Iran dan menargetkan setidaknya dua pangkalan militer Irak yang menampung personel militer dan koalisi AS di Al-Assad dan Irbil," kata juru bicara Pentagon segera setelah serangan.

Sebelumnya pada Selasa, melalui postingan di Twitter, Menteri luar negeri Iran, Javad Zarif mengatakan Iran sedang mempertimbangkan langkah-langkah balasan terhadap AS.

"Iran mengambil & menyimpulkan langkah-langkah proporsional dalam pembelaan diri berdasarkan Pasal 51 dari Piagam PBB yang menargetkan basis dari mana serangan bersenjata pengecut terhadap warga negara kita & pejabat senior diluncurkan."

"Kami tidak mengundang eskalasi atau perang, tetapi akan membela diri terhadap agresi." jelasnya dalam akunnya @JZarif.

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



"Tentang" - Google Berita
January 08, 2020 at 12:02PM
https://ift.tt/2sWvDDc

Ini Komentar Trump Tentang Serangan Balik Iran - CNBC Indonesia
"Tentang" - Google Berita
https://ift.tt/2pFrqlx
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Komentar Trump Tentang Serangan Balik Iran - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.