Search

Tentang Dua Nisan Tanpa Nama dan Jenazah Utuh di Jabal Uhud - detikNews

Jakarta -

Sebanyak 70 tentara Islam gugur sebagai syuhada dalam Perang Uhud, pertengahan syawal tahun ke-3 Hijrah kurang lebih 1.376 tahun yang lalu. Rasulullah Shallallahu ' Alaihi wa Sallam memerintahkan jenazah mereka dimakamkan di lembah Jabal Uhud.

Makam ke-70 Syuhada Perang Uhud tersebut kini dikelilingi pagar yang terbuat dari besi dan kaca transparan. Keputusan memagar makam tersebut dilakukan untuk menghindari peziarah berlaku berlebihan.

"Diputuskan dipagar untuk menghindari perilaku berlebihan dari peziarah. Karena dulu ada beberapa peziarah yang berlebihan, mengambil tanahnya, dan lain sebagainya," kata Ustaz Feri Firmansyah pembimbing Umrah dari PT Manajemen Mihrab Qalbi di Madinah, Senin 11 November 2019.

Dua nisan tanpa nama di Pemakaman 70 Syuhada Perang Uhud (Foto: Erwidar/detikcom)Dua nisan tanpa nama di Pemakaman 70 Syuhada Perang Uhud (Foto: Erwidar/detikcom) Foto: Erwidar/detikcom

Dari luar pagar, makam ke-70 syuhada itu hanya terlihat berupa hamparan tanah. Di bagian tengah ada dua batu, yang dalam budaya Arab itu sebagai nisan. Dua nisan itu diperkirakan adalah tanda dari makam Hamzah bin Abdul Muthalib dan Mush'ab bin 'Umair.

Dikisahkan pada 43 tahun setelah Perang Uhud, tepatnya tahun 46 Hijriah atau tahun 667 Masehi terjadi banjir besar melanda tanah Arab, termasuk lembah Jabal Uhud. Banjir menyebabkan beberapa jenazah syuhada Uhud terangkat ke atas.

Kaum Muslimin pun memakamkan kembali jenazah para Syuhada Uhud. Namun mereka tak mengenali identitas jenazah-jenazah tersebut. Hanya ada dua jenazah yang kemudian diketahui identitasnya yakni: Hamzah bin Abdul Muthalib dan Mush'ab bin 'Umair.

Let's block ads! (Why?)



"Tentang" - Google Berita
November 29, 2019 at 09:10AM
https://ift.tt/37JyBdM

Tentang Dua Nisan Tanpa Nama dan Jenazah Utuh di Jabal Uhud - detikNews
"Tentang" - Google Berita
https://ift.tt/2pFrqlx
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tentang Dua Nisan Tanpa Nama dan Jenazah Utuh di Jabal Uhud - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.