Search

Blak-blakan Siti Nurhaliza Tentang Bayi Tabung yang Pernah Dijalaninya - Jawa Pos

JawaPos.com – Anak dari penyanyi asal Malaysia Siti Nurhaliza dan Datuk Khalid Mohammed Jiwa, Siti Aafiyah binti Khalid, kini telah berusia 1 tahun 7 bulan. Tumbuh sebagai anak yang sehat, Aafiyah diakui mudah bergaul, ramah, dan sudah cakap berbicara.

Namun, bukan langkah yang mudah bagi Siti Nurhaliza dan Datuk Khalid Mohammed Jiwa untuk mendapatkan Aafiyah. Seperti diketahui, Siti Nurhaliza akhirnya memutuskan menjalani In Vitro Fertilization (IVF) atau yang dikenal dengan bayi tabung mendapatkan keturunan. Tepat di usia 11 tahun perkawinannya, Siti pun mendapatkan kabar kalau dirinya berhasil mengandung.

Saat ditemui dalam peluncuran pusat bayi tabung terbesar Alpha IVF & Women’s Specialists, di Malaysia, Jumat (8/11), Siti pun berbagi pengalamannya saat menjalani bayi tabung dengan JawaPos.com. Sebenarnya, sebelum memutuskan melakukan IVF, Siti Nurhaliza pernah mengandung secara normal. Namun mengalami keguguran di usia 2 bulan masa kehamilannya.

“Saat itu saya sedang persiapan untuk konser, tak sangka kalau saya hamil. Tapi mungkin saya kurang istirahat jadinya berefek pada baby. Setelah itu saya istirahat setahun, baru saya lakukan IVF,” ujar Siti.

Kendati sudah melakukan IVF, perjuangan Siti hingga akhirnya mendapatkan Aafiyah pun tak mudah. Pelantun lagu ‘Bukan Cinta Biasa’ mengungkapkan, ia berhasil mengandung Aafiyah setelah melakukan proses IVF yang kelima kalinya. Dalam arti, empat proses sebelumnya, Siti memperoleh hasil yang negatif.

Diakuinya, ketika menerima kabar negatif dari proses bayi tabung, ia merasa sedih karena seperti belum lengkap hidupnya sebagai perempuan. Tapi kegagalan dan keberhasilan yang dihadapinya sudah menjadi kuasa Tuhan.

“Harus terbuka dengan keputusan (hasil IVF). Ada yang positif, ada yang negatif. Jangan putus asa,” tukasnya.

Salah satu semangat untuk tetap kuat selain dari suami dan keluarga adalah melihat pengalaman Ratu Tunku Hajah Azizah Aminah Maimunah Iskandariah binti Al-Marhum Al Mutawakkil Alallah Sultan Iskandar Al-Haj. Siti melihat Ratu telah menjalani 17 kali IVF hingga akhirnya berhasil.

Untuk itu, saat mencoba IVF yang kelima kali, ia pun menyetop semua aktivitasnya di panggung hiburan. Bagi Siti, perjuangannya saat itu adalah yang paling mendesak, mengingat usianya yang sudah memasuki akhir 30-an.

Dukungan Suami Hingga Berdoa di Depan Makam Rasulullah

Ketika seorang perempuan menjalani proses bayi tabung, maka dukungan suami sangat diperlukan. Sebab, bagaimanapun juga diperlukan kerja sama keduanya agar bayi tabung berjalan maksimal.

Terlebih dalam proses bayi tabung memang melibatkan suami dan istri. Misalnya, dalam proses bayi tabung, bukan hanya sel telur istri yang dikeluarkan tapi juga pengambilan sperma suami.

Yup, metode bayi tabung memang merupakan cara membuahi sel telur dengan sperma yang dilakukan di luar rahim. Yakni di dalam sebuah tabung.

Untuk itu, Siti sangat bersyukur, Datuk Khalid Mohammed Jiwa merupakan seorang suami yang kuat. Bagi perempuan berusia 40 tahun ini, suaminya sangat paham untuk membuatnya tetap nyaman dan tidak stres.

Bahkan, ungkap Siti, suaminya sempat mengatakan kalau tak ada anak, hidup harus tetap happy. Suaminya menegaskan, Allah SWT memberikan rezeki pada tempat yang berbeda untuk setiap orang.

“Suami istri yang ingin buat IVF, harus sama-sama mendukung. Kalau suami tak beri (dukungan) nanti istri bisa stres. Biar berhasil dua-duanya harus support,” imbuh Siti.

Selain dukungan suami, Siti pun tak berhenti berdoa. Bahkan, perjalanan ke Masjid Al-Aqsa hingga berdoa di makam Rasulullah pun dilakoni.

Siti tidak merinci secara detail doa apa yang dipanjatkan. Tapi, ia merasa, apa yang dikabulkan saat ini merupakan doa dari semuanya.

“Siti umrah, lalu ke Masjid Al-Aqsa berdoa di makam Nabi Zakaria untuk keturunan, lalu berdoa di makam Rasulullah, semuanya Siti lakukan. Dan Allah memang memberikan disaat yang terbaik untuk Siti,” tutupnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Let's block ads! (Why?)



"Tentang" - Google Berita
November 10, 2019 at 08:35AM
https://ift.tt/36RXtiU

Blak-blakan Siti Nurhaliza Tentang Bayi Tabung yang Pernah Dijalaninya - Jawa Pos
"Tentang" - Google Berita
https://ift.tt/2pFrqlx
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Blak-blakan Siti Nurhaliza Tentang Bayi Tabung yang Pernah Dijalaninya - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.